FANDOM

Manaマナ」 adalah bentuk energi yang ada di alam dan di dalam manusia. Ini adalah sumber dari semua mantra sihir.[1]

Ikhtisar

Flow of mana

aliran mana.

Mana adalah aspek penting dari setiap mage yang pernah hidup karena itu adalah sumber mereka kekuatan sihir 「魔力 maryoku」, yang digunakan untuk mengaktifkan berbagai mantra sihir. Energi ini secara alami ada dan mengalir di lingkungan dan di dalam setiap orang.[1] Karena ini, sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap orang dapat menggunakan sihir sampai batas tertentu. Pada saat yang sama, orang-orang yang tidak memiliki mana dan tidak dapat menggunakan sihir adalah kejadian yang sangat langka.[2]

Lebih jauh lagi, ketika seseorang menggunakan semua mana mereka, itu bisa menyebabkan mereka kelelahan parah dan akhirnya membuat mereka pingsan.[3][4]

Di alam, kepadatan mana bisa berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Biasanya, lokasi dengan kepadatan mana yang tinggi akan memiliki kecenderungan untuk memiliki lingkungan yang terdistorsi.[1][5] Salah satu contoh tempat tersebut adalah penjara bawah tanah tempat makhluk aneh dan kekuatan gravitasi dapat terjadi di dalamnya.[6]

Selain itu, mana juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mencetak objek, seperti menggunakannya untuk membuat pintu besar di dalam ruang bawah tanah.[7]

Bentuk Sihir

Untuk daftar penuh yang menggunakan sihir, lihat Kategori:Sihir.

Ketika mana digunakan untuk melemparkan mantra, mantra itu dapat dikategorikan sebagai salah satu dari sejumlah mantra sihir yang berbeda bentuk 「形態 keitai」. Klasifikasi tergantung pada sifat mantra.

Misalnya, mantra yang dapat memperbaiki kerusakan fisik dan atau menghilangkan kelelahan diklasifikasikan sebagai Sihir Penyembuh. Contoh lain adalah Sihir Kutukan, bentuk sihir yang memiliki efek jangka panjang yang merugikan pada korban.

Atribut Afinitas

Untuk daftar penuh yang diketahui menggunakan atribut sihir, lihat Kategori: Atribut Sihir.

Tidak seperti mana yang ada di alam, mereka yang berada di dalam mage memiliki afinitas terhadap atribut 「属性 zokusei」. Atribut ini adalah salah satu aspek yang membedakan satu penyihir dari yang lain.[8]

Elements

Atribut Mana.

Ada empat atribut besar di dunia: api, air, angin, dan tanah. Dari atribut-atribut ini, beberapa elemen lain dapat diturunkan. Elemen tersebut adalah petir dan asap berasal dari atribut angin atau es dari atribut air.[9]

Beberapa atribut Sihir sangat umum, seperti api dan air, sedangkan beberapa atribut Sihir lainnya sangat jarang, seperti cahaya dan ruang.

Seorang penyihir hanya dapat memiliki satu atribut magis, dan tidak dapat menggunakan sihir yang sifatnya lainnya. Misalnya, seorang penyihir yang dilahirkan dengan atribut sihir api tidak dapat menggunakan mantra dari jenis sihir lain, seperti angin atau air.

Sementara rata-rata penyihir tidak dapat menggunakan beberapa atribut, tidak ada yang menghentikan mereka untuk menggunakan atribut mereka sendiri untuk membentuk berbagai bentuk sihir, seperti Sihir Penciptaan berbasis angin atau Sihir Penyembuh yang berbasis api.[8] Penyihir rata-rata biasanya hanya menggunakan satu atau dua bentuk sihir, tetapi penyihir yang sangat kuat dapat menggunakan beberapa bentuk sihir tanpa masalah.

Selain itu, penyihir dapat memiliki kemampuan laten yang berbeda yang sesuai dengan elemen dari mana atribut mereka berasal. Salah satu contoh adalah penyihir dengan afinitas terhadap elemen berbasis angin yang memiliki kemampuan laten dari sensorik mana. Ini dihasilkan dari para penyihir yang memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap aliran mana.[10]

Afinitas Ganda

Pada kesempatan yang unik, telah dibuktikan melalui upaya ilmiah bahwa seorang penyihir dapat secara artifisial ditingkatkan untuk memiliki lebih dari satu afinitas unsur. Upaya yang berhasil untuk percobaan ini adalah Mars dan Fana yang berbagi afinitas ganda untuk kristal dan api.[11] [12]

Hibrida dari dua ras yang berbeda juga dapat menghasilkan afinitas ganda. Charmy Pappitson adalah hibrida manusia-kerdil yang memiliki afinitas ganda untuk kapas dan makanan.[13]

Keturunan

Bentuk sihir dan atribut sihir yang digunakan penyihir cenderung sangat dipengaruhi oleh orang tua mereka. Contohnya termasuk:

Grimoire

Setelah menginjak usia lima belas tahun, penyihir dapat menghadiri upacara tahunan di mana mereka menerima buku khusus, yang dikenal sebagai grimoire. Buku ini meningkatkan kemampuan magis pengguna dan memberi mereka kemampuan untuk melantunkan mantra tertentu yang jauh di muka dengan kemampuan magis alami mereka sendiri. Pada awalnya, grimoire sebagian besar kosong, tetapi ketika pengguna tumbuh sebagai pribadi, mantra baru tertulis di halaman kosong.[14]

Mantra

Untuk daftar penuh yang menggunakan mantra, lihat Kategori:Mantra.

Setelah seorang penyihir memiliki grimoire mereka sendiri, mereka dapat membuat mantra khusus yang mereka tidak akan dapat mencapai sebaliknya. Ketika pemilik grimoire tumbuh sebagai pribadi, mantra baru tertulis di dalam grimoire.

Ketika mantra baru muncul, itu sesuai dengan situasi yang menyebabkan pengembangan karakter mage. Misalnya, Gauche Adlai memperoleh mantra baru yang memungkinkannya membuat duplikat orang lain setelah ia belajar mempercayai seseorang setelah bertahun-tahun hanya memiliki keyakinan pada dirinya sendiri.

Mantra mage sering mengikuti tema. Sebagai contoh, Magna Swing menggunakan mantra yang memiliki kemiripan yang kuat dengan baseball.

Alat Sihir

Alat sihir adalah objek yang diresapi dengan sihir untuk membentuk fungsi-fungsi tertentu. Seringkali mereka digunakan untuk mengurangi jumlah kekuatan sihir yang dikeluarkan, seperti penerbangan sapu sederhana, [15] atau untuk menggunakan bentuk sihir di luar beberapa penyihir dan keterampilan, seperti Sihir Komunikasi atau Sihir Penyembuh.[16][17]

Signifikasi

Silver Eagle vs Crimson Lion

Penyihir dengan jumlah Mana yang sangat besar.

Jumlah mana yang dimiliki seorang mage di dalamnya memiliki signifikansi yang sangat besar. Itu karena kekuatan fundamental mage diukur melaluinya. Ketika seorang mage memiliki jumlah Mana yang tinggi, tugas apa pun yang melibatkan penggunaan sihir akan menjadi lebih mudah.​​[18] Selain itu, para penyihir dengan jumlah Mana yang tinggi memiliki kesempatan lebih tinggi mengakses mantra sihir tingkat tinggi daripada penyihir dengan jumlah mana yang rendah.[19][20]

Belajar mengendalikan mana di dalam mereka adalah pelajaran penting bagi setiap penyihir. Itu karena kontrol mana adalah parameter kedua yang digunakan untuk mengukur kekuatan penyihir. Bahkan jika seorang mage memiliki jumlah MP yang tinggi, penyihir tersebut akan dianggap lemah jika mereka tidak memiliki kontrol atasnya. Contohnya adalah Noelle Silva yang dianggap "cacat" oleh keluarganya karena dia tidak dapat mengendalikan mana dengan benar meskipun dia memiliki jumlah rata-rata di atas.

Hierarki

Penyihir yang lahir dari garis keturunan bangsawan sangat mungkin memiliki tingkat kekuatan sihir yang sangat tinggi, sementara penyihir yang lahir dari garis keturunan biasa cenderung memiliki kekuatan sihir yang rendah. Ini karena sihir menjadi sifat turun-temurun. Akan tetapi, ini bukan aturan absolut, karena bahkan seorang bangsawan yang lahir dari dua penyihir yang kuat dapat dilahirkan dengan kekuatan sihir yang kecil dan orang biasa yang lahir dari dua penyihir yang lemah dapat dilahirkan dengan kekuatan sihir yang tinggi.

Tingkat kemampuan magis seseorang seringkali, tetapi tidak selalu, di luar status kelahirannya. Seorang bangsawan dengan kemampuan sihir yang buruk bisa dipandang rendah, sementara orang biasa dengan sihir tingkat tinggi bisa dikagumi.

Tingkat Sihir

Seorang penyihir yang memiliki kekuatan sihir, keterampilan dan bakat sihir diperingkat di sepuluh Tingkat Sihir 「魔導階域 Madō-kaiiki」, dengan Tahap Nol di atas dan Tahap Sembilan di bagian bawah.[21] Gagasan di balik Tingkat Sihir adalah bahwa satu penyihir tingkat tinggi lebih berharga di medan perang daripada banyak penyihir tingkat rendah.

Penyihir dengan sihir dan kemampuan yang menentang konvensi normal, seperti Sihir Penyegelan Secre yang rusak dan Anti Sihir Asta, dianggap termasuk dalam Tingkat Misterius 「冥域 Meiiki」.[22]

Sistem pengukuran ini awalnya digunakan oleh Kerajaan Hati secara eksklusif; namun, 6 bulan setelah pembentukan aliansi Semanggi-Hati, penggunaan Tingkat Sihir telah diadopsi oleh Ksatria Sihir Kerajaan Semanggi juga.[23] Tiga Serangkai Kegelapan dari Kerajaan Spade juga menggunakan sistem Tahap ini.[24][25][26]

Trivia

  • Penampilan mana sebagai burung sangat menyerupai konsep rukh dari seri Magi.

Referensi

  1. 1,0 1,1 1,2 Black Clover Manga dan Anime — Bab 11 (p. 9) dan Episode 14.
  8. 8,0 8,1 Black Clover Manga dan Anime — Bab 18 (p. 12-13) dan Episode 18.
  9. p12-13

Navigasi

Terminologi
ManaMata KetigaAnti-burungKaisar SihirDaerah Sihir TerkuatKiPenjara Bawah TanahSwallowtailParlemen Sihir