FANDOM

Black Clover title art

Seni judul Black Clover.

Black Clover 「ブラッククローバー Burakku Kurōbā」 adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yūki Tabata. Serial ini mulai serialisasi pada 16 Februari 2015 di isu ke-12 Mingguan Shōnen Jump. Ceritanya berfokus pada genre fantasi, petualangan dan komedi sambil mempertahankan demografi "Laki-laki Muda" 「少年 Shōnen」.

Sinopsis

Asta dan Yuno adalah anak yatim yang dibesarkan di pinggiran kota Kerajaan Clover. Di dunia di mana orang terlahir dengan kekuatan magis yang memungkinkan mereka menggunakan sihir, Asta lahir tanpa satupun dari mereka. Sebaliknya, Yuno terlahir sebagai anak sulung dengan kekuatan magis di atas rata-rata dan bakat untuk mengendalikannya. Selain itu, dalam upacara penyambutan di masa mendatang, Yuno menerima tipu muslihat langka yang sama dengan grimoire yang dimiliki oleh Kaisar Sihir asli, semanggi empat daun grimoire. Di sisi lain, Asta menerima grimoire yang compang-camping dimana Iblis terletak di dalam, semanggi semanggi lima daun.

Ceritanya mengikuti Asta dan Yuno saat mereka merangkak naik tangga Perintah Kerajaan Clover dari Ksatria Sihir, di tengah pemeriksaan teliti oleh para bangsawan, untuk menjadi Kaisar Sihir. Namun, judul itu hanya diawetkan untuk penyihir tunggal, siapa yang akan mendapatkan gelar pendeta terkuat di Kerajaan, Asta atau Yuno?

Manga

One-shot

Black Clover's one-shot.

Artikel utama: Daftar Bab dan Volume

Sebelum seri serialisasi, Yūki Tabata sudah menulis satu tembakan dengan nama yang sama. Tembakan satu kata itu diterbitkan pada tahun 2014, pada volume kedua Jump NEXT. One-shot kemudian ditulis ulang untuk serialisasi di mana salah satu elemen yang dimiliki oleh kedua versi adalah pengaturan protagonis dual Asta dan Yuno.

Setelah serialisasi, Black Clover mulai dengan mantap mendapatkan popularitas di kalangan pembaca Jepang. Ini menghasilkan majalah untuk mengomandikan beberapa halaman warna dalam beberapa langkah cepat untuk lebih mempromosikan serial ini. Pada tanggal 30 November 2015, Black Clover telah menerima 2 sampul majalah dan 12 halaman berwarna.

Volume 1

Volume pertama Black Clover.

Selanjutnya, bab seri Black Clover juga dikumpulkan menjadi format Novel Grafik 「単行本 Tankōbon」 di mana masing-masing berisi antara 8-10 bab. Salah satu perbedaan utama antara versi majalah dan versi novel grafis adalah kualitas kertas dimana yang terakhir menggunakan kualitas kertas yang jauh lebih tinggi. Versi novel grafis terkadang menawarkan revisi atas kesalahan yang dibuat pada publikasi asli dan peningkatan seni secara umum. Selain itu, novel grafis juga menyertakan bab tambahan atau profil karakter yang tidak dipublikasikan di majalah tersebut.

Volume diterbitkan oleh Shueisha Inc. 「株式会社集英社 Kabushiki Gaisha Shūeisha」 dibawah jejak Jump Comics 「ジャンプコミックス Janpu Komikkusu」. Pada 4 Januari 2020, seri Black Clover telah menerbitkan 23 jilid.

Seri ini juga telah dilisensikan untuk rilis bahasa Inggris oleh VIZ Media di majalah Weekly Shonen Jump digital perusahaan mulai tanggal 6 April 2015. Langkah ini dilakukan setelah melihat dulu 3 bab pertama seri ini bersamaan dengan debut seri di Jepang sebagai bagian dari kampanye majalah digital Jump Start. Serial ini dipilih oleh editor edisi bahasa Inggris dari 4 seri baru yang keluar selama putaran serialisasi tersebut.

Spin-off Series

Black Clover SD: Asta-kun's Road to Magic Emperor 「ブラッククローバーSD アスタくん魔法帝への道 Burakku Kurōbā SD Asuta-kun Mahōtei e no Michi」 adalah seri lelucon yang mengikuti kejenakaan Asta dalam perjalanannya menjadi Kaisar Sihir. Diilustrasikan oleh Setta Kobayashi 「小林拙太 Kobayashi Setta」 dan mulai menerbitkan pada 2 Februari 2018 di Saikyō Jump 「最強ジャンプ Saikyō Janpu」.

Black Clover Side-Story: Quartet Knights 「ブラッククローバー外伝 カルテットナイツ Burakku Kurōbā Gaiden Karutetto Naitsu」 adalah menceritakan kembali kisah dari game. Diilustrasikan oleh Yumiya Tashiro 「田代弓也 Tashiro Yumiya」 dan mulai menerbitkan pada tanggal 7 Oktober 2018 di situs Shonen Jump+.

Anime

Black Clover title art anime

Seni judul Anime.

Artikel utama: Daftar Episode

Adaptasi anime telah dilisensikan ke Pierrot, Inc. 「株式会社ぴえろ Kabushiki Gaisha Piero」. Ini mulai ditayangkan pada tanggal 3 Oktober 2017. Versi yang dijuluki bahasa Inggris telah dilisensikan ke Funimation dan mulai ditayangkan pada tanggal 29 Oktober 2017.

Sebuah video animasi asli diproduksi oleh Xebec, Inc. 「株式会社ジーベック Kabushiki Gaisha Jībekku」 dan bermain di 2016 Jump Festa. Salinan dibundel dengan Volume 11.

Serial Spin-off

Squishy's Black Clover title art

Seni judul dari Squishy! Black Clover.

Squishy! Black Clover 「むぎゅっと! ブラッククローバー Mugyutto! Burakku Kurōbā」 adalah serangkaian anime pendek dengan karakter dalam desain chibi. Ini diproduksi oleh Dream Link Entertainment (DLE) dan mulai ditayangkan 1 Juli 2019 di dTV dan berakhir 19 Agustus 2019 setelah delapan episode. Crunchyroll merilis subtitle bahasa Inggris untuk semua delapan episode pada tanggal 31 Desember 2019.

Novel Ringan

Stubborn Bull cover

Novel ringan ke-1 Black Clover.

Artikel utama: Daftar Novel

Sebuah novel ringan yang ditulis oleh Johnny Onda 「ジョニー音田 Jonī Onda」 dan diterbitkan oleh JUMP j-BOOKS 「ジャンプ ツェイ ブックス Janpu Jei Bukkusu」.

Penerimaan

Serial ini telah banyak dikritik oleh para pembaca karena terlalu menginspirasikan manga populer lainnya untuk plot dan settingnya. Salah satu elemen tersebut adalah ambisi Asta dan Yuno untuk menjadi Kaisar Sihir di mana mirip dengan ambisi Naruto Uzumaki untuk menjadi Hokage, karakter dari seri NARUTO. Unsur lain yang serupa adalah sistem skuad Ksatria Cahaya yang menyerupai organisasi GOTEI 13 dari seri BLEACH.

Terlepas dari semua kritik, Black Clover masih mendapatkan popularities dimana penjualan perdana volume 2 meningkat sekitar 60% dari penjualan perdana volume 1. Volume 1 memiliki sekitar 38,000 eksemplar yang terjual pada debutnya sementara volume kedua terjual seharga 61,000 eksemplar pada minggu debutnya.